HASIL DISKUSI KETAMANSISWAAN
Disusun Oleh :
Lailatu Mira Ikhtiyarni
2013015362
1I
UNIVERSITAS SARJANAWIYATA TAMANSISWA
FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN
PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
2013 / 2014
Kelompok : Astaria M , dkk
1. Nurul Alfi S (2013015397)
Pertanyaan : Apa yang dimaksud memerdekakan anak dan contoh dalam pendidikannya
Jawaban : Memerdekakan anak berarti mengajarkan anak suatu pembelajaran hidup maupun pendidikan sesuai dengan kodratnya dan psikologisnya, membuat anak dalam suatu kegiatan dengan bebas sebebas-bebasnya bersyarat sesuai dengan norma. Contohnya kegiatan pramuka.
2. Nur afifah (2013015399)
Sanggahan : Kalau lingkungan pramuka itu sempit. Bebas secara umum itu seperti apa?
Jawaban : Pramuka contoh dari kebebasan dalam pendidikan, bebas secara umum bebas sebebas-bebasnya tanpa menganggu kebebasan orang lain
3. Erwin Firmansyah (2013015369)
Pertanyaan : Pemberian materi menghitung, membaca, bahasa inggris diberikan kepada anak TK atau SD, apakah sesuai dengan asas pendidikan Taman Siswa?
Jawaban : Mungkin jika di telaah dari asas tamansiswa tidak sesuai, tetapi jika dilihat dari perkembangan zaman yang ada yang semakin kompleks masalahya mungkin pemberian pendidikan sejak dini kepada anak bias diberikan, tentunya dengan mempertimbangkan segi psikologis dan kemampuan anak tersebut. Pendidikan Bahasa Inggris sendiri sudah dihapuskan dari kurikulum karena Indonesia menganut system pembelajaran dari bahasa Ibunya
4. Afiah Kurniawati (2013015374)
Pertanyaan : Apakah dengan banyak tugas yang diberikan kepada anak akan menganggu psikologis anak ?
Jawaban : Pemberian tugas terhadap anak bias dilihat dari kemampuannya masing-masing karena setiap anak berbeda perkembangannya dan kemampuannya. Jadi bias dikatakan menganggu jika seorang guru tidak selektif dalam memberikan tugas kepada anak didiknya.
Kelompok : Fadhila, dkk
1. Ditanyakan oleh saudari Sarimah
Apakah yang dimaksud memerdekakan anak ?
Memerdekakan anak artinya orang tua memberikan kebebasan kepada anak untuk menjalani hidupnya tanpa ada paksaan atau tekanan. Orang tua membiarkan anak berkembang dan melakukan apapun yang si anak suka, orang tua membebaskan anak untuk menentukan sendiri jalan hidupnya. Tugas orang tua / pamong hanyalah menegur atau membimbing si anak jika ia sudah melanggar/mulai keluar dari norma-norma yang berlaku. Orang tua hanya harus member dorongan, semangat dan motivasi agar apapun yang dilakukan anak akan menuai hasil yang baik tanpa keluar dari norma yang berlaku.
2. Ditanyakan oleh saudara Arifin
Apakah yang dimaksud dengan jangan mementingkan pengajaran yang hanya menuju terlepasnya intelektualitas ?
Maksudnya adalah pengetahuan atau kemampuan yang tidak menonjolkan satu aspek saja, tetapi harus memiliki aspek yang lainnya. Seperti memiliki kepribadian yang baik, karakter yang baik, menaati aturan dan norma dan tidak lupa yaitu berpendidikan tetapi tidak melupakan jati diri bangsa. Seseorang yang memiliki intelektual yang tinggi atau perpengetahuan tinggi tetapi karakter dan kepribadiannya tidak baik maka semuanya harus ikut diperbaiki. Contohnya sekolah RSBI, murid dituntut memahami dan menguasai unsur dan karakter bahasa bangsa asing. Tetapi terkadang mereka melupakan bahasa bangsa sendiri. Mereka dituntut mengedepankan bahasa asing dan kadang mereka mengkesampingkan jati diri bangsa sendiri.
3. Ditanyakan oleh sodari Erysa Nindya Putri
Apakah arti damai dalam asas Tamansiswa pertama ?
Damai disini dapat diartikan sebagai seseorang yang hidup dengan nyaman, tidak terganggu pikirannya serta memiliki kebebasan dalam mengatur dirinya sendiri. Seorang akan hidup dengan damai apabila ia nyaman dengan apa yang ia lakukan yang tentu saja tidak melanggar aturan yang ada.
Kelompok : Milany, dkk
PERTANYAAN
1. Mengapa manusia bisa bahagia dengan menyatukan kodrat alam ? (Rita Khusniawati)
2. Sebutkan contoh dasar kemerdekaan ? (Haryati)
3. Sebutkan contoh kebahagiaan lahir dan batin ? (Fadilla)
4. Sebutkan contoh swadisiplin ? (Yogi)
5. Asas kemerdekaan apa yang diterapkan guru kepada muridnya ? (Erisa)
6. Bagaimana cara memelihara kebudayaan nasional ? (Isna Kurnia)
JAWABAN
1. (Lailatu Mira)
Manusia dapat bahagia dengan menyatukan kodrat alam dikarenakan manusia tersebut dapat menyelaraskan diri dengan apa saja yang menjadi ketentuan alam yang tidak dapat diganggu gugat atau karena manusia tersebut senantiasa mengutamakan peunjuk dalam kodrat alam untuk menyelesaikan dalam perbuatan kita baik sebagai makhluk individu maupun anggota masyarakat dan manusia bisa mensyukuri nikmat yang telah diberikan oleh Tuhan termasuk kodrat alam.
2. (Damas Agus)
Contoh dasar kemerdekaan : Bila diterapkan kepada pelaksanaan pengajaran maka merupakan upaya di dalam mendidik murid-murid supaya dapat berperasaan, berpikiran dan bekerja merdeka demi pencapaian tujuannya. Misalnya guru membebaskan muridnya untuk berkreasi, mengembangkan bakat sesuai dengan kemampuan. Selain itu contohnya adalah membebaskan muridnya untuk mengeluarkan pendapatnya.
3. (Milany Kurnia)
Contoh kebahagiaan lahir dan batin :
kemerdekaan yang membahagiakan ialah kemerdekaan yang berdasarkan swadisiplin yaitu kesanggupan menaklukkan kepentingan diri sendiri di atas kepentingan orang lain (umum), contohnya :
4. (M. Rinanda Adi)
Contoh swadisiplin :
swadisiplin merupakan disiplin pribadi atau mengatur diri. Contohnya : tidak meninggalkan ibadah terhadap Tuhan Yang Maha Esa
5. (Ulil Ro’aina)
Asas kemerdekaan yang diterapkan guru kepada muridnya : mengembangkan nilai-nilai demokrasi di sekolah. Pamong harus memberi kesempatan seluas-luasnya dan dorongan kepada peserta didik untuk mengungkapkan perasaan , pikiran dan perbuatannya atau dengan kata lain pamong memberikan kemerdekaan agar peserta didik belajar atas pengalaman, kemauan dan usahanya sendiri.
Pamong menggunakan prinsip – prinsip pembelajaran merdeka yang bertujuan agar peserta didik menjadi manusia merdeka; yaitu merdeka lahirnya, merdeka batinnya dan merdeka tenaganya.
Prinsip – prinsip pembelajaran merdeka yaitu : Menantang , Menyenangkan, Efektif, Efisien, Rasional, Demokratis, Empati, Kreatif, kontekstual, Adil.
6. (Aprianto Nugroho)
Cara memelihara kebudayaan nasional :
Membawa kebudayaan nasional ke arah kemajuan sesuai dengan kemajuan masyarakat dan kemajuan dunia untuk kepentingan hidup rakyat secara lahir dan batin sesuai dengan perkembangan alam dan zaman.
Kelompok : Sri Marluki, dkk
1. Apa yang melatarbelakangi adanya Pancadharma? ( Lailatu Mira )
Jawab : Ki Hajar Dewantara mendirikan perguruan yaitu Pergururan Tamansiswa, sejak saat itulah Ki Hajar menerapkan 5 asas yang disebut dengan Pancadharma Tamansiswa.
2. Apa yang dimaksud siswa disiplin? ( Singgih )
Jawab : Siswa disiplin yaitu siswa yang melakukan sesuatu pekerjaan dengan tertib dan teratur sesuai dengan peraturan-peraturan yang berlaku dengan penuh tanggungjawab.
3. Apa yang dimaksud Kebahagiaan ahir batin? ( Damas )
Jawab : Kebahagiaan lahir batin yaitu kesenangan dan ketentraman hidup lahir batin tanpa adanya ancaman yang dapat menggangu batin seseorang.
4. Bagaimana cara mengembangkan pribadi yang kuat dalam masyarakat? ( Ulil)
Jawab :
a. Tidak mudah terpengaruh,
b. Dapat mengenal diri sendiri dengan baik,
c. Tidak mencari keuntungan untuk dirinya sendiri, tetapi memikirkan kepentingan orang lain/masyarakat umum.
5. Apa yang dimaksud dengan Kehendak Alam? ( Apriyanto )
Jawab : Kehendak Alam yaitu kehendak antara manusia dengan alam,karena manusia menganggap alam semesta ini adalah saudara, bahkan dari Alam inilah Tuhan menciptakan manusia dari berbagai unsur yang ada di dalamnya seperti Tanah,air, api, dan udara.
6. Bagaimana cara menjaga kekayaan budaya nasional ? ( Sarimah )
Jawab : Dengan menjaga, merawat, memelihara kebudayaan tersebut agar tidak rusak maupun punah.
Kelompok : Arifin, dkk
1. Erisa Nindya : Apakah arti kehendak kodrat alam
Jawaban : Asas ini berkaitan dengan hakikat dan kedudukan manusia sebagai makhluk hidup di dunia, agar senantiasa mengatur dan menempatkan diri dalam hubungannya yang harmonis dengan alam dan lingkungan sekitar. Keharmonisan hubungan tersebut akan mendukung tercapainya kesejahteraan. Sebaliknya, jika terjadi pertentangan, maka akan mengarah kepada kehancuran harkat manusia. Kesadaran manusia akan hakikat dan dan kedudukannya di dunia ini, niscaya akan memperkokoh pijakan bagi dirinya dalam berbuat positif demi masa depannya. Sebaliknya, kekeliruan dalam menghadapi dunia ini, akan berujung kepada kesesatan atau kekeliruan yang bersangkutan dalam usaha memperoleh keberhasilan hidup.
2. Nurul Alfi : Contoh perkembangan anak sesuai dengan kodrat alam
Jawaban : Dengan adanya program sekolah akselerasi, anak – anak yang cerdas sekarang banyak yang dimasukkan kelas akselerasi oleh orang tuannya. Itu akan mengganggu kondisi psikologis anak. Anak – anak yang seharusnya masih bermain dengan teman teman sebaya, mereka dipaksa untuk harus mengikuti pelajaran yang sebenarnya bukan untuk anak seusia mereka. Biarkanlah anak berkembang sesuai dengan umur mereka yang semestinya.
3. Haryati : kebahagiaan lahir batin seperti apa ?
Jawaban : Kebahagiaan yang tidak hanya diluar/lahir/ucapannya saja. Tetapi didalam hatinya/batin orang tersebut juga merasa benar – benar bahagia.
4. Astaria Murti : Apa realisasi bentuk kebudayaan didalam pendidikan Taman Siswa
Jawaban : Seperti di hall gedung FKIP kemarin diadakan pameran seni lukis, adanya karawitan atau nyanyian tradisional, kreativitas dolanan anak yang tradisional.
5. Nur Kuntianingsih : Contoh kemanusiaan yang dilihat dari akal budinya
Jawaban : Manusia tidak hanya dilihat dari segi penampilan fisiknya saja. Tetapi juga dilihat dari moral, tanggung jawab. Manusia adalah makhluk yang sempurna karena manusia diberikan akal dan budinya untuk berbudaya.
6. Dimas Cahyo : Latar belakang adanya Panca Dharma.
Jawaban : Panca Dharma sebagai dasar Taman Siswa, yang berisi kemerdekaan, kodrat alam, kebangsaan, kebudayaan, dan kemanusiaan.
Kelompok : Haryati, dkk
1. Sebutkan contoh swadisiplin ! (Apri)
Jawab : mentaati peraturan lalu lintas
2. Apa itu panca darma ? (Dimas)
Jawab : merupakan disiplin pribadi atau mengatur diri.
3. Apa yang dimaksud dengan kemerdekaan ? (Rita)
Jawab : merdeka itu berarti merdeka lahir batin, batinnya tidak tertekan
Kelompok : Wahid , dkk
1. Apa yang dimaksud dengan hidup merdeka ? ( Sarimah )
Jawab : Hidup merdeka adalah melakukan segala sesuatu sesuai kemauan dan kemampuannya dalam hidup tidak bergantung pada orang lain. Hidup merdeka merupakan hak diri yang didasarkan atas ajaran agama bahwa Tuhan menciptakan manusia dengan dasar-dasar yang sama baik kewajibannya untuk mengejar keselamatan hidup lahir dan bahagia dalam hidup batinnya.
2. Realisasi sistem among dalam kehidupan bermasyarakat ? ( Erisa)
Jawab : Sistem among biasa diterapkan dalam kegiatan kepramukaan. Dalam kegiatan pramuka ketika di dalam ruangan biasanya dibebaskan kepada peserta didik untuk duduk di atas kursi, berdiri atau di lantai tetapi dengan syarat tetap mengikuti kegiatan dengan baik. Dan ketika seorang peserta didik melakukan pelanggaran atau kesalahan, pendidik menegurnya dan member hukuman yang mendidik seperti member tugas membuat karangan dan menghindari hukuman fisik.Dalam sistem among para pendidik mengikuti kemauan peserta didik sesuai dengan kodratnya dengan tidak melupakan pengaruh-pengaruh yang melingkunginya.
3. Apa contoh hidup hemat dan sederhana dalam bentuk tingkah laku ? (Isna)
Jawab : Dalam aspek kehidupan hidup hemat dan sederhana dalam bentuk tingkah laku, kita sebagai manusia yang hidup dalam masyarakat sebaiknya memperlakukan orang lain sesuai kemampuan yang kita miliki dan tidak berlebihan. Misalnya berpenampilan sesuai kemampuan kita saja. Jangan berpenampilan mewah agar orang lain berpandangan kalau kita kaya, padahal semua itu didapat dari berhutang. Karena akan lebih baik kita berpenampilan apa adanya sesuai kemampuan yang kita miliki dan hidup akan terasa lebih tenang dan nyaman.
4. Sebutkan adat yang berlaku di Tamansiswa ? ( Chandra Wahyuningsih )
Jawab : Dalam perguruan Tamansiswa adat yang berlaku antara lain seperti :
a. Menggunakan istilah-istilah sendiri guna menjaga agar kita tidak jatuh pada kebiasaan meniru orang lain yang sebenarnya menurut sistem kita salah.
b. Sebutan Ki, Nyi dan Ni untuk pamong.
c. Melenyapkan hubungan majikan buruh untuk meletakkan dasar hidup kekeluargaan bebas dari kelompok atau golongan menuju satu masyarakat.
d. Melaksanakan urusan kekeluargaan untuk memelihara hidup kekeluargaan tidak bersandar pada peraturan tertulis.
e. Sebutan Bapak dan Ibu untuk pamong guru dan menempatkannya sebagai prinsip dalam kehidupan sehari-hari.
f. Pengertian demokrasi dan leiderschap untuk menghindari demokrasi secara barat.
g. Sifat bentuk isi dan irama sebagai pedoman dalam pengembangan Tamansiswa mengikuti perubahan dan kemajuan alam dan jaman.
5. Apa yang dimaksud dengan organis dan organisatoris ? ( Andi Anggara )
Jawab : Organis artinya hidup. Hidup disini maksudnya adalah melaksanakan urusan kekeluargaan dengan peraturan untuk memelihara hidup kekeluargaan tidak bersandar pada peraturan tertulis tetapi menggunakan adat istiadat, pada akhirnya merupakan peraturan yang tertulis. Organisatoris artinya menurut peraturan yang ada. Organisatoris yang dimaksud adalah melaksanakan urusan kekeluargaan dengan pengikuti peraturan tertulis yang ada dan bersandar padanya. Pemakaian peraturan tidak selamanya kaku/monoton karena ada saatnya memakai unsur manusiawi.
6. Apa yang dimaksud dengan demokrasi secara barat ?
Jawab : Demokrasi secara barat adalah demokrasi yang dianut oleh negara-negara Eropa dan Amerika dan bertujuan agar manusia tidak dipandang sebagai makhluk hidup yang memiliki tujuan sendiri.
Hasil Diskusi Terbaru
23.30 |
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar